FREEDOM OF SPIRIT

"Life is looking deep into yourself,...reading into your deepest soul,..craving the wall of your heart,...and sucking it into the silence of sound", Adriansyah Jackataroeb, quoted from "The Rainbow in the Dawn". "I turn around in my saddle and seen behind me the waving,weaving mass of thousands of white-clad riders and, beyond them, the bridge over which I have come: its end is just behind me while its beggining is already lost in the mist of distance", quoted from Muhd.Asad, Road to Mecca.

Friday, October 21, 2005

PERTAMINA V : Impor BBM 7 Cargo ditunda !?

Reuter memberitakan bahwa Pertamina menunda impor 7 cargo BBM untuk delivery bulan Oktober 2005. Luar biasa! Rupanya setelah kenaikan harga minyak, impor dapat turun sedemikian drastis. Why? Tidak ada penjelasan yang tuntas dari Mochamad Harun, jurubicara Pertamina, selain mengatakan bahwa penundaan impor BBM tersebut karena rendahnya permintaan BBM sebagai akibat kenaikan harga.

Apakah permintaan minyak dalam negeri sangat begitu elastis sehingga kenaikan harga dapat mengurangi konsumsi begitu besar? Padahal jalanan masih tetap macet dan industri masih tetap memproduksi barang-barang baik untuk ekspor maupun substitusi impor. Barangkali jawaban yang lebih pas, adalah bahwa penyelundupan BBM sangat berkurang karena margin keuntungan yang diperoleh turun dengan sangat tajam. Kongkalikong Pejabat Pertamina dengan mafia penyelundupan minyak sudah tidak menguntungkan. Marginal utility semakin mengecil berarti keuntungan semakin menipis.

Kalau alasan tersebut benar maka kita dapat mengatakan bahwa apabila Pertamina dan aparat keamanan dapat dengan tertib mengendalikan penyelundupan maka harga BBM semestinya tidak perlu naik setinggi seperti yang sekarang ini. Namun apa boleh buat, nasi telah menjadi bubur. Apabila harga BBM di sesuaikan lagi (menjadi turun) maka akan timbul ketidak-pastian baru yang dapat berpengaruh kepada kondisi makro ekonomi kita. Oleh karena itu, dalam kesempatan lain kita minta Pertamina agar lebih cermat dan teliti serta bertanggung jawab dalam pengelolaan BBM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home